Apa Itu Sablon Kaos Manual?

Apa Itu Sablon Kaos Manual?

Sablon Kaos Manual
Sablon Kaos Manual

Sablon Kaos Manual – Setelah sebelumnya kami mengulas tentang sablon kaos DTG, Sublimasi, dan polyflex. Maka pada kesempatan kali ini kita ingin mengulas tentang sablon kaos manual. Yang mana jenis sablonan ini paling banyak di gunakan pada kaos clothing distro. Ataupun untuk kaos kaos promosi dan lainnya.

Dalam cetak kaos memang ada beberapa pilihan. Baik dari alat, proses, dan media yang di gunakan. Yang mana disesuaikan dengan kaos yang ingin di cetak. Teknik cetak atau sablon kaos secara manual merupakan teknik paling terkenal dalam penyablonan ataupun percetakan. Disamping peralatannya terjangkau dan sederhana, kualitas sablon kaos secara manual pun rasanya belum bisa tertandingi. Meskipun dibandingkan dengan sablon kaos secara digital sekalipun. Meskipun ada kaos yang berkualitas tinggi, tentunya sablon kaos secara digital harganya tidak semurah pada sablon kaos menggunakan teknik manual. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan sablon kaos secara manual tentu membuat sablon secara manual ini makin popular. Ada beberapa jenis sablon kaos secara manual berikut ini!

Karakter Sablon Kaos Manual

  • Water Based
  • Oil Based

Sablon Kaos Oil Based

Sablon Kaos Plastisol

Plastisol merupakan bagian dari sablon kaos oil based. Plastisol memiliki karakteristik lebih tebal dari sablon rubber. Dan unsur karetnya lebih terasa di bandingkan dengan jenis rubber.

Kelemahan sablon plastisol yaitu pada proses di setrika, yang mana tidak boleh langsung di atas sablonannya, jadi harus di balik. Selain itu bagi yang tidak suka sablonan dengan tekstur agak tebal mungkin terasa kurang nyaman.

Kelebihan sablon plastisol sangat bagus di gunakan untuk model sablon raster atau sparasi. Karena mampu menutupi permukaan bahan dengan baik.

Untuk finishing dari sablon kaos plastisol bisa di buat bermacam macam, yaitu tekstur kasar, halus, mengkilap, aspal, tipis, warna emas dan warna perak. Yang mana di sesuaikan dengan permintaan yang pesan.

Jenis Sablonan Kaos Plastisol

  1. Plastisol Shimer / Gold
  2. Plastisol Standar
  3. Plastisol Raster
  4. Plastisol HD

Sablon Kaos High Density

Sablon Kaos High Density merupakan Jenis sablon kaos yang menciptakan efek 3D pada kaos. Yang mana tekstur sablonan nya lebih tebal, karena proses gesutan sablonnya berkali kali. Jadi sablon kaos high density memiliki efek timbul pada sablonannya, tapi teksturnya tetap padat berbeda dengan foaming.

Sablon Kaos Water Based

Sablon Kaos Rubber

Sablon Kaos Rubber termasuk dalam sablon water based. Sablon Kaos Rubber bisa di gunakan pada kaos berwarna gelap dan kaos terang. Anda juga bisa menyetrika langsung di atas sablonan. Hanya saja untuk lebih awet, di sarankan di balik saat menyetrika.

Sablon Kaos Superwhite

Sablon Kaos Superwhite merupakan sablon water based. Sama dengan sablon kaos rubber, tapi sablon superwhite bagus di kaos yang berwarna terang. Efek tinta Sablon Kaos Superwhite juga lebih lembut di bandingkan dengan rubber. Karena sifat dari Sablon Kaos Superwhite ini menyerap ke bahan / kain. Jadi saat Anda mengenakan kaos terasa ringan. Selain itu, Anda juga bisa menyetrika langsung di atas sablonan. Kelemahan dari tinta yang water based adalah jika lama di gunakan dan sering di cuci akan menimbulkan efek vintage, tidak secerah yang oil based.

Sablon Kaos Discharge

Sablon Kaos Discharge termasuk dalam jenis sablon waterbased. Sablon Kaos Discharge memiliki karakteristik yang sama dengan Superwhite. Hanya saja untuk jenis bahan pada Sablon Kaos Discharge, harus menggunakan bahan kaos yang reaktif.

Sablon Kaos Pigment

Sablon Kaos Pigment merupakan jenis sablon waterbased. Yang mana karakternya juga sama dengan sablon kaos superwhite. Hanya saja hasil sablonannya tidak bisa sehalus superwhite. Karena dari jenis tinta nya berbeda dengan superwhite.

Sablon Kaos Glow in the dark

Sablon Kaos Glow in the dark merupakan salah satu jenis sablonan yang memiliki efek khusus, yaitu bisa menyala saat kondisi gelap. Efek cahaya yang di hasilkan dari sablonan ini berwarna hijau. Adapun saat kondisi normal sablonan berwarna putih.

Sablon Kaos Flocking

Sablon Kaos Flocking ini juga memiliki ciri khas, yaitu efek beludru pada permukaan sablonnya. Material flocking ada yang berbentuk powder/serbuk dan serbuk yang menempel di kertas.

Sablon Kaos Foil

Sablon Kaos Foil juga memiliki ciri khas khusus pada tekstur sablonnya. Secara proses hampir sama dengan sablon kaos flocking, hanya saja secara material yang di gunakan berbeda.

Sablon Kaos Foaming

Sablon Kaos Foaming termasuk dalam jenis sablonan waterbased. Yang mana ciri khas dari sablonan ini adalah menghasilkan efek timbul. Tapi berbeda dengan HD, Efek timbul yang di hasilkan memiliki kepadatan tinta yang berbeda, sehingga efek timbul yang di hasilkan juga berbeda.

Semoga di lain kesempatan kami juga bisa mengulas tentan sablon kaos crack, burn-out, glitter, kaviar, aroma, chromicolor, photopia, thermolock dll.

Demikian informasi tentang jenis sablon kaos. Semoga informasi di atas bermanfaat. Yang ingin tahu seputar sablon kaos DTG, sablon kaos sublimasi, dan sablon kaos polyflex bisa membaca pada artikel sebelumnya. Bagi Anda yang ingin memesan baju bisa membaca dulu informasi tentang jenis-jenis bordiran dan jenis bahan kaos. Atau jika mau langsung pesan bisa hubungi (WA) 085-79-5151-86

error: Content is protected !!